PELAKSAAN PENCEGAHAN STUNTING

  • Feb 05, 2023
  • Admin Desa Ujung Pandaran

Jumat tanggal 03 Februari 2023 Pemeritah Desa Ujung Pandaran bersama yang dihadiri oleh Kepala Desa , Bapak " Aswin Nur" dan  Ketua TP-PKK Desa Ujung yaitu Ibu " Lanni"   dan di bantu Bidan Puskesmas Ujung Pandaran yaitu Ibu " Silviani, Amd.Keb " berupaya melaksanakan kegiatan Pencegahan Stunting seperti Pembagian Makanan Tambahan , Vitamin, Susu untuk Balita, Ibu Hamil dan Menyusui guna pencegahan stunting yang dimana tahun lalu Desa Ujung Pandaran masuk ke dalam Locus Stunting.

Stunting adalah permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama, umumnya hal ini karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Permasalahan stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru akan terlihat ketika anak sudah menginjak usia dua tahun. 

Selain mengalami pertumbuhan terhambat, stunting juga kerap kali dikaitkan dengan penyebab perkembangan otak yang tidak maksimal. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk.

Selain itu, efek jangka panjang yang disebabkan oleh stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, acap kali dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan kematian akibat infeksi.

Alhamdullilah pada awal tahun 2023 Desa Ujung Pandaran telah keluar dari kategori locus. Pemerintah Desa Ujung pandaran selalu berupaya agar warga yang ada di Desa Ujung Pandaran tidak ada yang terindiksi stunting. Kami selaku pemerintah desa sangat berharap agar kedepan nya desa kami tidak ada lagi warga yang terindikasi stunting.